Oleh: kristenberea | Oktober 10, 2012

Kristus dari Arminianisme (Freewillism)

Kristus dari Arminianisme (Freewillism)

Rev Steven Houck – www.reformedspokane.org

 

Alkitab memperingatkan kita bahwa pada hari-hari terakhir di mana kita hidup akan ada banyak kristus-kristus palsu, mereka  mengaku Kristus tetapi mereka adalah para penipu. Yesus berkata, ” “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang..” (Matius 24:4-5). Kita yang mengaku menjadi orang Kristen harus mengambil pelajaran. Kita harus sangat berhati-hati agar kita tidak tertipu. Kepentingan  kami adalah iman, kasih, dan mengikuti Kristus yang benar dan hanya kepada Dia. Kami mungkin tidak ada hubungannya dengan kristus-kristus palsu yang begitu banyak di zaman kita.

Kita tahu tentang Kristus dari sekte dan agama-agama lain (Saksi Yehuwa). Dia adalah orang yang baik, seorang nabi, ciptaan pertama Allah, roh yang  besar, ide ilahi, atau bahkan Tuhan sendiri. Tapi dia bukan Allah yang benar dan kekal. Dia menerima keberadaannya dari orang lain yang lebih besar daripada dirinya. Dia bukan Kristus dari Alkitab. Kami tidak tertipu oleh Kristus seperti itu. Dia adalah Kristus palsu.

Kita tahu tentang Kristus dari Katolik Roma. Mereka mengakui bahwa Dia adalah Allah yang benar. Dia menderita dan mati untuk pengampunan dosa. Dia bangkit lagi, naik ke surga, dan akan datang lagi. Tapi dia bukan Juruselamat yang sempurna. Kristus dari Katolik Roma tidak dapat menyelamatkan orang berdosa tanpa perbuatan baik mereka sendiri dan melalui perantaraan imam. Dia bukan Kristus dari Alkitab. Kami tidak tertipu oleh Kristus seperti itu. Dia adalah Kristus palsu.

Namun ada, Kristus  palsu yang lain  yang jauh lebih berbahaya daripada Kristus dari Saksi Yehuwa dan Kristus dari Katolik Roma. Dia telah menipu orang selama bertahun-tahun dan dia terus menipu jutaan orang. Kristus ini sangat berbahaya, sekiranya mungkin, ia akan menipu orang-orang pilihan (Mat 24:24). Dia adalah Kristus dari Arminianisme.

Kristus palsu ini sangat berbahaya karena dalam banyak cara ia menampakan diri menjadi Kristus Sejati. Mereka mengatakan bahwa dia adalah Allah yang benar, sama dengan Bapa dan Roh Kudus. Mereka mengatakan bahwa Dia mati di kayu salib untuk menyelamatkan orang berdosa. Mereka bahkan mengatakan bahwa dia menyelamatkan hanya oleh anugerah-Nya saja, tanpa perbuatan manusia. Kristus ini tidak ada hubungannya dengan Kristus dari Saksi Yehuwa dan Kristus dari Katolik Roma.

Tapi awas! Berhati-hatilah! Kristus dari Arminianisme bukanlah Kristus dari Alkitab. Jangan tertipu!

1.Kristus dari Arminianisme – mengasihi setiap individu di dunia dan berkeinginan tulus untuk menyelamatkan mereka.

Kristus dari Alkitab – sungguh-sungguh mencintai dan berkeinginan untuk menyelamatan hanya orang-orang yang Allah telah pilih sebelum dunia diciptakan dan menyelamatan mereka tanpa syarat. (Maz. 5:5, Mzm 07:11, Mzm.. 11:05, Matt. 11:27, Yohanes 17:9-10, Kisah 2:47, Kisah Para Rasul 13:48, Rom. 9:10-13, Rom 9:21-24,. Ef. 1:3-4)

2.Kristus dari Arminianisme – menawarkan keselamatan kepada setiap orang berdosa dan melakukan semua dalam kekuasaan-Nya untuk membawa mereka menuju keselamatan,  menawarkan karya keselamatan-Nya dan sering kali frustrasi karena banyak orang menolak untuk datang.

Kristus dari Alkitab – secara efektif memanggil untuk diriNya hanya orang-orang yang dipilih dan dalam kedaulatan-Nya membawa mereka untuk keselamatan. Tidak ada satupun  yang akan hilang. (Yesaya 55:11, Yohanes 5:21, Yohanes 6:37-40, Yohanes 10:25-30, John. 17:02  Fil. 2:13)

3.Kristus dari Arminianisme – tidak dapat melahirbarukan dan menyelamatkan orang berdosa yang tidak  memilih Kristus dengan “kehendak bebas”-nya sendiri.” Semua orang memiliki “kehendak bebas” dimana mereka dapat menerima atau menolak Kristus. ” Kehendak bebas” itu  tidak dapat dilanggar oleh Kristus.

Kristus dari Alkitab – kedaulatan-Nya melahirkan kembali orang berdosa sesuai dengan  pilihan-Nya, karena tanpa kelahiran baru orang berdosa yang mati secara rohani tidak bisa memilih Kristus. Iman bukanlah kontribusi manusia untuk keselamatan tetapi karunia Kristus. Dia menyatakan kedaulatan-Nya di dalam proses kelahiran kembali. (Yohanes 3:3, John 6:44 & 65, Yohanes 15:16, Kis 11:18, Rom 9:16,. Ef. 2:1, Ef. 2:8-10, Fil. 1:29, Ibrani . 12:2)

4.Kristus dari Arminianisme – mati di kayu salib untuk setiap individu dan dengan demikian memungkinkan setiap orang untuk diselamatkan melalui kematian-Nya termasuk bukan orang yang terpilih,  dan tidak dapat benar-benar menyelamatkan banyak orang yang terhilang untuk siapa Ia mati.

Kristus dari Alkitab – hanya mati untuk umat pilihan Tuhan dan dengan demikian benar-benar menyelamatan semua orang untuk siapa Dia mati. Kematian-Nya adalah pengganti kepuasan yang sebenarnya dari Allah dan  mengambil kesalahan orang yang dipilih-Nya. (Lukas 19:10, Yohanes 10:14-15 & 26, Kis 20:28, Rom 5:10,. Ef. 05:25, Ibrani. 9:12, 1 Petrus 3:18)

5. Kristus dari Arminianisme – kehilangan banyak orang yang telah ia “selamatkan” karena mereka tidak tetap dalam iman. Bahkan  ia tidak memberi mereka “keselamatan kekal,” seperti sebagian orang, bahwa keselamatan tidak didasarkan pada Tuhan tetapi didasarkan pada  pilihan yang dibuat orang berdosa ketika ia menerima Kristus.

 Kristus dari Alkitab – mempertahankan orang-orang yang dipilih-Nya sehingga mereka tidak dapat kehilangan keselamatan mereka tetapi bertekun dalam iman sampai akhir. Dia mempertahankan mereka berdasarkan kehendak Allah yang berdaulat, kuasa kematian-Nya, dan karya besar dari Roh-Nya. (Yohanes 5:24, Yohanes 10:26-29, Rom 8:29-30,. Rm. 8:35-39, I Petrus 1:2-5, Yudas 24-25)

Seperti yang Anda lihat, meskipun Kristus dari Arminianisme dan Kristus dari Alkitab mungkin pada awalnya tampaknya sama, faktanya mereka sangat berbeda. Salah satunya adalah Kristus palsu. Yang lainnya adalah Kristus yang sejati. Salah satunya adalah lemah dan tak berdaya. Dia membungkuk pada ” kehendak  bebas” manusia yang berdaulat”. Yang lain adalah Tuhan yang mengatur segala sesuatu menurut  kehendak-Nya yang berdaulat dan  dalam kedaulatan-Nya menyelesaikan semua yang Dia kehendaki.

Jika Anda percaya dan melayani Kristus dari Arminianisme, Anda harus mengakui kenyataan bahwa Anda tidak melayani Kristus dari Alkitab. Anda telah tertipu! Pelajarilah  Alkitab dan belajarlah dari Kristus yang  Sejati. Berdoalah untuk anugerah yang memungkinkan Anda  untuk bertobat dan percaya kepada Kristus sebagai Juruselamat Anda  yang berdaulat penuh.

 

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: