Oleh: kristenberea | Desember 13, 2008

4 Serangan Dr. Suhento Liauw terhadap Jhon Calvin bag 3

Serangan III :

… pada tahun 1536 John Calvin menerbitkan buku The Institusion of Cristian Religion untuk menghambat kemajuan pemberitaan Injil! (Buletin Pedang Roh No. 57 hal 03 kolom 1)

Ha..ha… saya heran ada seorang doktor teologia berikiran sekerdil ini. Sekali lagi terbukti bahwa pikiran Dr. Suhento telah diisi penuh dengan dendam kesumat terhadap John Calvin dan ajarannya …

Melihat fakta bahwa saat ini ada 70 jutaan orang Kristen yang mengakui sebagai “pengikut” Calvinis dan ratusan juta orang kristen yang mengakui dipengaruhi oleh ajaran Calvin SUDAH CUKUP UNTUK MEMBANTAH serangan di atas. Kalau memang Calvin menghambat kemajuan Injil mengapa “pengikut”nya sampai ratusan juta? Lalu berapa sih “pengikut” ajaran yang dianut Dr. Suhento? ( Menurut Wikipedia di seluruh dunia saja tidak sampai 100 ribu orang ).

Tetapi baiklah kita jawab serangan diatas juga dengan akal budi, bukan bukti data semata.

Pernyataan Dr. Suhento Liauw di atas sebenarnya pernah diungkapkan oleh Jhon Wesley yang menyatakan bahwa kalau doktrin pemilihan benar maka pemberitaan Injil adalah sia-sia karena orang yang dipilih toh pasti diselamatkan.

Jelas logika Dr. Suhento (dan juga Jhon Wesley) di atas berbeda dengan logika Calvin dan Reformed. Memang benar bahwa keselamatan seseorang itu karena Allah yang memilih, tetapi kita tidak tahu berapa jumlah dan siapa saja orang pilihan Allah itu ( dan adalah bukan hak dan urusan kita untuk tahu hal itu). Yang jelas bahwa orang pilihan Allah itu tersebar di seluruh dunia. Salah satu bukti bahwa mereka adalah pilihan Allah yaitu kalau mereka menerima Kristus. Dan untuk bisa menerima Kristus maka mereka harus mendengar berita Injil, dan puji Tuhan, kalau Allah mau memakai kita (orang-orang yang telah menerima Kristus) untuk memberitakan Injil itu ke seluruh dunia ( Roma 10 : 14, 15 ) Dan kalau ada orang yang menerima Kristus karena pemberitaan kita, itu bukan karena kepandaian kita tetapi karena memang orang itu telah ditentukan Allah untuk percaya (Kisah Para Rasul 13: 47-49 )

Dan inilah doa Jhon Calvin yang dituduh oleh Dr. Suhento Liauw sebagai penghambat kemajuan pemberitaan Injil.

Aku berdoa meminta supaya dari hari ke hari Tuhan membuat jumlah yang percaya kepada-Nya bertambah besar; supaya dari hari ke hari membuat anugerah-Nya atas mereka semakin berlimpah hingga Dia memenuhi mereka seluruhnya; supaya Dia juga membuat kebenaran-Nya semakin bercahaya; supaya Dia menyatakan keadilan-Nya yang menyebabkan iblis dan kerajaannya yang gelap dijungkirbalikkan; dan supaya, seluruh kefasikan dihancurkan dan ditiadakan.” (Katekismus Jenewa No. 269 )

Serangan IV

“Sikap-nya (Calvin) yang tidak secara terang-terangan menentang Anabaptis itu mungkin dikerenakan ia mengawini janda seorang Anabaptis yang telah terbunuh di Holand, Idelete de Bure.”

(Buletin Pedang Roh No. 57 hal 11 kolom 1 )

Sekali lagi, saya heran ada seorang doktor bisa menulis sekacau ini.

Jelas, bahwa jauh sebelum Calvin menikahi Idelete ia sudah menentang ajaran Anabaptis dengan menulis buku apologetika khusus tentang anabaptis. Bahkan tidak hanya itu saja, Calvin juga banyak melakukan diskusi dengan para pemimpin Anabaptis termasuk Jean Stordeur, suami Idelette. Dan hasil diskusinya adalah Jean Storder menyerah dan kemudian menjadi “pengikut” gereja Calvin.

Dan Jean Stordeur meninggal bukan karena terbunuh (oleh kaum Reformator seperti dakwaan Dr. Suhento Liauw ) tetapi karena terserang penyakit pes, bukan di Holand, tetapi di Strasbourg.

Dengan demikian, ketika dinikahi oleh Jhon Calvin, Idelete bukan lagi janda seorang Anabaptis, tetapi janda seorang mantan anabaptis.

Nah lho, satu kalimat saja, kesalahannya sudah berlipat-lipat. Makanya kalau nulis tentang seseorang jangan pakai kacamata “dendam” tetapi pakai hati nurani yang jernih, baru hasilnya bener .. he..he..he (Hush… anak SD kok ngajari Doktor ……… Emangnya ndak boleh, lha wong dia bilang anak SD saja lebih pintar dari Jhon Calvin…. nah sekarang siapa yang lebih pintar hayo …..)

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: