Oleh: kristenberea | Agustus 30, 2008

9 Fitnahan terhadap Calvinisme dari Dr. Suhento dan Jawabannya Bag. 1

Pendahuluan

Pada awalnya saya tertarik pada artikel yang ditulis oleh Bpk. Dr. Suhento Liauw ( kemudian saya singkap SL)karena pandangannya yang kristis terhadap ajaran kharismatik baik melalui websitenya maupun buletin Pedang Roh-nya. Saya tertarik karena hanya sedikit hamba Tuhan yang berani secara terang-terangangan mengritisi ajaran karismatik yang sedang trend tersebut. Pada umumnya banyak hamba Tuhan yang kompromi dengan ajaran karismatik.

Namun ketika membaca buletin Pedang Roh No. 55 , ketertarikan tadi berubah menjadi tidak simpatik, mengapa? Bagi orang yang belum mengenal lebih dalam tentang Jhon Calvin ( JC) dan teologinya (Calvinisme) akan dimungkinkan menerima penjelasan SL sebulat-bulatnya dan dianggap benar. Tetapi bagi mereka yang sudah membaca biografi Calvin dan mempelajari teologinya dengan sungguh-sungguh, maka uraian yang disampaikan oleh SL tentang JC dan Calvinisme hanya menunjukkan ketidaktahuan atau pengetahuan yang dangkal tentang JC dan Calvininisme yang berujung pada berbagai fitnah. Saya sebut fitnah karena apa yang disampaikan oleh SL tentang JC dan Calvinisme sama sekali tidak sesuai dengan fakta dan kebenaran yang ada. Apalagi sampai mengatai Calvin dan penganut Calvinisme sebagai orang “sinting” dan kata ejekan yang lainnya, yang bagi saya tidak layak diucapkan sebagai seorang hamba Tuhan.

Dalam tulisan ini saya ingin menunjukkan bahwa apa yang dinyatakan oleh SL adalah tidak benar dan sekaligus menunjukkan yang sebenarnya. Disamping itu saya juga ingin mencoba mengritisi beberapa ajaran dari SL yang menurut saya tidak sesuai dengan maksud firman Tuhan.

Sesungguhnya saya yang bodoh dan tidak pernah sekolah teologia ini tidak layak dan tidak pantas untuk mengritisi Bapak SL yang adalah seorang doktor teologia sekaligus pendiri dari sebuah teologi, tetapi karena 1Pet 3:15 berkata: “Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu”, maka saya akan mempertanggunggjawabkan kebenaran yang saya yakini. Selain itu saya tidak menerima seorang Jhon Calvin yang saleh dan telah menjadi berkat bagi jutaan umat Tuhan diejek begitu rupa. Saya tidak bermaksud mendewakan Jhon Calvin dan ajarannya karena Jhon Calvin sendiri menolak dan tidak suka diperlakukan seperti itu, tetapi saya hanya ingin menyatakan kebenaran yang telah Tuhan bukakan ada Jhon Calvin supaya mereka yang menyalahpahami Jhon Calvin dan ajarannya menjadi tahu yang sebenarnya.

Untuk membantah fitnahan dari Dr. SL tentang JC dan Calvinisme, saya akan menggunakan beberapa tulisan / buku dari John Calvin, R.C. Sproul (seorang penentang keras Calvinisme yang akhirnya bertobat menjadi pengajar dan pembela Calvinisme) dan Bpk. Budi Asali terutama dari bukunya “Calvinisme yang Difitnah”, dan beberapa artikel lainnya, dan tentu saja hikmat dari Tuhan.

Akhirnya, biarlah pembaca sendiri yang menentukan apakah John Calvin dan Calvinisme yang tidak alkitabiah atau sebaliknya SL dan Arminianisme yang melenceng dari Alkitab.

Jawaban saya merupakan jawaban yang sederhana karena saya tidak pernah sekolah teologia. Untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan mendalam silahkan memcaca buku/artikel “Calvinis yang Difitnah yang ditulis oleh Pdt. Budi Asali di

http://www.members.tripod.com/gkri_exodus/p_5pnt00.htm

Kategori

